Latar Belakang

Permasalahan pencemaran lingkungan dan kerusaan lingkungan yang terjadi saat ini semakin kompleks. Sehubungan dengan hal tersebut sangat diperlukan upaya untuk pengendaliannya. Selain itu, kebutuhan akan lingkungan yang sehat juga semakin mendesak seiring dengan perkembangan jumlah penduduk yang kian tinggi. Sebagian diantaranya adalah kebutuhan akan air bersih, penataan sanitasi yang sehat, ketersediaan udara yang sehat, serta pengelolaan sampah yang baik. Selain itu permasalahan terhadap limbah industri sangat memerlukan penanganan yang optimal. Demikian tadi merupakan sekelumit kondisi yang terjadi sehubungan dengan permasalahan lingkungan. Untuk hal tersebut diperlukan teknologi dan manajemen lingkungan yang baik dan sistematis, terutama untuk lingkungan perkotaan yang semakin komplek.
Program Studi Teknik Lingkungan merupakan sebuah wadah mengembangkan keilmuan di bidang Teknologi dan Manajemen Lingkungan. Di mana, dalam bidang ilmu ini akan mempelajari dan mengembangan keilmuan yang dapat ikut serta berperan aktif dalam upaya mengatasi sebagian permasalahan lingkungan yang terjadi, baik untuk bidang industri, wilayah perkotaan maupun pedesaan. Jurusan Teknik Lingkungan ITN Malang khususnya mempelajari tentang pengelolaan sanitasi permukiman serta masalah pengelolaan lingkungan secara umum.
Di Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang Program Studi Teknik Lingkungan Stara Satu (S-1) berdiri pada Tahun 1991 berdasarkan SK DIRJEN DIKTI NO.0515/0/1991 tertanggal 4 September 1991 dengan status Terdaftar. Hingga saat ini Jurusan Teknik Lingkungan telah terakreditasi dengan Kategori B berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor: 392/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2014