Mahasiswa ITN Malang Ikut Saber Pungli Nyemplung Kali

Mahasiswa-ITN-Malang-Ikut-Saber-Pungli-Nyemplung-Kali-1-732x549

Sapu Bersih Sampah Nyemplung Kali (Saber Pungli) Kota Batu diikuti oleh mahasiswa Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, Minggu (31/3/19). Komunitas ini sebagai gerakan sosial masyarakat terhadap lingkungan dari hulu Sungai Brantas. Mempunyai fokus terhadap edukasi dan memberikan pemahaman tentang pelestarian lingkungan khususnya sungai dan penyelamatan mata air.

Dandhy Agus Bayhaqi, ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan (HMTL) mengatakan, keikutsertaan mahasiswa Teknik Lingkungan dalam kegiatan Saber Pungli sebagai kesadaran terhadap alam dan lingkungan. “Kegiatan seperti ini bagi kami penting karena merupakan bukti nyata mahasiswa bersama masyarakat untuk kelestarian lingkungan,” ujar Dandhy.

Di Desa Oro-Oro Ombo, Kota Batu, menjadi target penyisiran Saber Pungli. Ada beberapa lokasi yang dibersihkan yang biasanya digunakan sebagai tempat pembuangan sampah oleh masyarakat. Ironisnya di bawah tempat tersebut diketahui terdapat sumber mata air.

“Ada satu lokasi kegiatan yang awalnya menurut saya seperti lereng curam dipinggir jalan. Kemudian ada instruksi dari ketua pelaksana bahwa tempat itu adalah tumpukan sampah yang harus dibongkar. Setelah saya ikut menggali dan meratakan tanahnya ternyata benar, ditemukan banyak sampah dengan berbagai macam dan bentuk sudah tertimbun cukup lama,” aku mahasiswa asal Tulungagung ini.

Berbagai komunitas masyarakat bergabung dalam kegiatan Saber Pungli. Selain HMTL ITN Malang ada juga Fokus, BPBD, Karang Taruna, PKK, Kelompok Tani, serta LMDH.

Mahasiswa-ITN-Malang-Ikut-Saber-Pungli-Nyemplung-Kali-2

“Ke depannya saya berharap semakin banyak masyarakat yang sadar pentingnya kelestarian lingkungan untuk kelangsungan hidup manusia. Harapannya kita semua tidak hanya rajin dalam membuang sampah, namun juga memiliki kesadaran untuk menguranginya (sampah). Berhubung volume sampah di Kota Malang sendiri hampir mencapai ambang batas,” ucap Dandhy dengan prihatin. (me/humas)

image_pdfDownload PDF Versionimage_printPrint Page