Resik-Resik Kali Mewek di Hari Peduli Sampah Nasional, Mahasiswa ITN Malang Berbaur dengan Komunitas

Resik-Resik-Lali-Mewek-di-Hari-Peduli-Sampah-Nasional-Mahasiswa-Teknik-Lingkungan-Berbaur-dengan-Komunitas-Sosial-732x412

Sungai Mewek sudah familier di lingkungan mahasiswa Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang. Sungai yang terkenal dengan nama Kali Mewek yang berada di kawasan Rw 04, Kelurahan Tunjungsekar, Kota Malang ini menjadi jujukan berbagai aksi sosial. Kali ini giliran Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan (HMTL) berbaur dengan warga dan komunitas se-Malang Raya melakukan “Aksi Resik-Resik Kali dan Program Donasi Sampah”, Minggu (18/2).

Kegiatan bersih-bersih ini selain sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan juga sebagai aksi memperingati “Hari Peduli Sampah” yang bertepatan jatuh pada hari Rabu, 21 Februari 2018. “Merupakan program pengabdian masyarakat sekaligus dalam rangka memperingati ‘Hari Peduli Sampah’,” ujar Faruk M Djafaar Ketua HMTL ITN Malang.

Resik-Resik-Lali-Mewek-di-Hari-Peduli-Sampah-Nasional-Mahasiswa-Teknik-Lingkungan-Berbaur-dengan-Komunitas-Sosial-2

Sekitar 15 mahasiswa Teknik Lingkungan ITN tidak canggung kala harus terjun ke sungai untuk membersihkan sampah. “Kondisi sungai banyak terkontaminasi oleh sampah plastik dan sampah pepohonan. Ini yang membuat saluran air sungai terhambat, kalau dibiarkan bisa mengakibatkan air meluap,” jabar mahasiswa asal Ternate Maluku Utara ini. Hal ini beralasan karena akhir-akhir ini cuaca di Malang tidak menentu. Sedangkan sampah yang sudah terkumpul dari kegiatan ini kemudian diangkut oleh mobil sampah dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang.

Mahasiswa semester enam ini juga menyampaikan, bahwa kegiatan sosial perlu terus ditingkatkan. Khususnya bagi generasi muda dalam hal ini mahasiswa. Apa lagi mahasiswa Teknik Lingkungan yang pekerjaannya memang berhubungan dengan lingkungan.

“Kami berharap mahasiswa Teknik Lingkungan ITN mampu dan sadar akan perannya sebagai seorang civitas Teknik Lingkungan,” katanya.

Selain HMTL ITN dan warga, komunitas yang ikut berpartisipasi antara lain 3R, wild water Indonesia Malang, Climate Change Frontier, Komunitas Peduli Malang, dsb. “Semoga selanjutnya lingkungan Kali Mewek menjadi asri dan nyaman,” tambahnya. (mer/humas)

image_pdfDownload PDF Versionimage_printPrint Page